Our Award Winning :

# Pemenang Penghargaan Wanita Wirausaha Majalah Femina & Kementrian Koperasi-UKM Republik Indonesia 2008
# Finalis Nasional Wirausaha Muda Mandiri oleh Bank Mandiri 2008
# Indonesia Ernst & Young Entrepreneurial Winning Woman 2010


Dear Lovely Friends...

Setiap orang pasti ingin tampil cantik dan segar setiap saat. Sekarang anda pun bisa! Dengan berbagai pilihan produk berbahan alami Paraben Free, Lanolin Free, Synthetic Color Free, Methanol Fragrance Free, PABA Free dan SLS/SLES Free, membuat produk kami bisa menjadi pilihan tepat bila anda menginginkan produk yang aman dan ramah lingkungan.

Kunjungi toko online kami di www.mypourvous.com untuk info lengkap tentang produk dan harga.

So, Be Beauty and Be Green !

Minggu, 24 Oktober 2010

Impian Sang Peneliti (oleh : Larasati - Yogyakarta)

Halo!

Perkenalkan nama saya Laras. Saya adalah seorang peneliti yang berfokus pada pencegahan kanker (kemopreventif) dan penemuan agen kemopreventif alami. Hal yang menarik, bukan? Itulah mimpi saya, dan saya bersemangat menjalaninya. Bagaimana saya *kok *bisa terjun di dunia sains seperti ini? Ini dia
ceritanya :

Sebetulnya saya takut *banget* sama penyakit kanker. Membayangkannya saja sudah merinding. Gara-garanya saya pernah melihat sendiri bagaimana menderitanya pasien yang mengalami kanker, termasuk kesedihan yang dialami keluarganya. Ditambah lagi, pengobatan dan upaya pencegahan kanker di Indonesia ini mahal dan belum optimal.

Oleh karena itu, sejak remaja saya mulai peduli dan belajar tentang kanker ini. Hal ini mendorong saya kuliah di jurusan Farmasi. Mmm.. sebetulnya keluarga saya menginginkan saya jadi dokter, karena dokter pekerjaan yang mulia. Tapi saya berpikir lain. Saya ingin menemukan agen anti-kanker, dan Farmasi adalah bidang yang tepat. Apalagi di Indonesia yang kaya akan keragaman hayatinya ini, belum banyak peneliti yang mengeksplorasi kekayaan tersebut untuk dijadikan obat alami Indonesia (Jangan sampai *deh *kita dikalahin *bule *dalam menemukan agen kemopreventif alami Indonesia).

Saat kuliah, saya aktif dalam grup riset *Cancer Chemoprevention Research Center* (CCRC) fakultas Farmasi UGM. Dalam CCRC saya diberi kesempatan belajar dan mengaktualisasikan ide saya. Salah satu penelitian yang saya dan tim lakukan adalah meneliti potensi ekstrak kulit Jeruk Keprok untuk menghambat pembentukan kanker pada sel hati dan payudara tikus yang telah diinduksi karsinogen. Ternyata hasilnya ekstrak kulit Jeruk Keprok terbukti potensial *lho *mencegah kanker pada tikus*. *Kulit Jeruk Keprok tersebut kaya akan senyawa flavon yang potensial dikembangkan sebagai agen
kemopreventif. *Tuh kan*… ternyata mencegah kanker ga perlu suplemen mahal, cukup memanfaatkan bahan alam yang ada si sekitar kita, asal sudah ada bukti hasil penelitiannya ya…

Setelah lulus jadi apoteker, orang tua saya menanyakan kesiapan saya jadi peneliti. Mungkin orang tua saya berpikir bisa makan *ga* saya jadi peneliti padahal saya sudah bisa menghasilkan uang kalau mau membuka apotek atau bekerja di pabrik obat. Tapi profesi jadi peneliti betul-betul membuat saya ketagihan! Akhirnya saya memutuskan sekolah lagi dan meneliti lagi di grup CCRC. Penelitian saya kali ini tidak kalah menarik, yaitu meneliti apakah *citrus flavonoid *dari kulit jeruk (kulit jeruk ini punya banyak kejutan rupanya) dapat meningkatkan efek terapi obat anti-kanker serviks. Data yang didapat selama ini menunjukkan bahwa *citrus flavonoid *dan obat kanker bisa bekerja sinergis. Namun penelitian ini masih berlanjut sampai dicapai hasil yang optimal. Bagimana kelanjutannya? Doakan saya ya…biar penelitian ini berhasil. Syukur-syukur kalau ada industri farmasi yang mau membiayai dan membuat sediaan farmasinya, hehe..

Nah itulah mimpi yang sedang saya jalani dengan hati yang gembira. Langkah ke depan* *saya ingin meneliti kekayaan Indonesia yang lain. Harapan saya juga, semoga bertambah banyak peneliti muda Indonesia yang mau menggali potensi kekayaan Indonesia. Jadi peneliti seru juga *lho…*
---
Written also at : http://morningdewy.blogspot.com/
Share/Bookmark

Tidak ada komentar: